Senin, 22 November 2021

Digital Nomad, Profesi Unik Masa Kini yang Millennials Banget!

Pada zaman modern ini, pengetahuan dan ilmu teknologi berkembang semakin pesat. Berbagai masalah yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dapat diselesaikan dengan teknologi. Bahkan pada era digital seperti sekarang ini, kita dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi yang ada di dunia, selain itu kita juga dapat melakukan berbagai aktivitas secara online, seperti membeli barang, mencari hiburan, mengikuti bimbingan belajar, hingga bekerja. Sehingga seiring perkembangan zaman, muncul istilah baru yang sekarang banyak diminati oleh generasi millennials, yaitu pengembara digital atau biasa lebih dikenal dengan digital nomad. Lantas sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan digital nomad itu? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!
Mengenal Apa itu Digital Nomad?
Apa Itu Digital Nomad?

Pengertian Digital Nomad

Digital nomad adalah suatu istilah baru dimana seseorang memutuskan untuk berprofesi atau bekerja secara lepas dengan memanfaatkan teknologi terkhususnya internet, sehingga mereka dapat bekerja dimana saja tanpa batasan tempat dan waktu. Seseorang yang berprofesi sebagai digital nomad dapat bekerja kapan saja, namun tetap harus memenuhi tanggung jawab yang telah ia emban. Selain itu, mereka tidak harus bekerja pergi ke kantor setiap hari, karena mereka dapat bekerja di mana saja, entah itu di coffe shop, perpustakaan, rumah, bahkan di pantai sekalipun. Para digital nomad bekerja secara independen sesuai hati dan minat mereka. Selagi tempat tersebut terdapat teknologi telekomunikasi berupa internet, mereka dapat bekerja di tempat tersebut.

Macam-macam Digital Nomad

Kita telah mengetahui bahwa digital nomad merupakan pekerjaan yang fleksibel tanpa terikat waktu dan tempat, lantas pekerjaan apa saja sih yang dapat dikerjakan oleh seorang digital nomad? Pada umumnya seorang digital nomad memiliki pekerjaan sebagai freelancer, entah bertugas dalam mengelola website, desainer, editor, hingga menjadi admin media sosial. Seorang profesional dalam bidang jasa yang membuka konsultasi, bantuan hukum, maupun jasa akuntan secara online juga dapat melakukan pekerjaannya secara fleksibel.
Berbagai Profesi atau Pekerjaan Sebagai Digital Nomad
sumber gambar: Youtube ONE WAY TICKET: The Digital Nomad Documentary
Selain hal tersebut, pekerjaan lainnya adalah seorang wirausahawan yang mengatur timnya menggunakan berbagai perangkat online, seorang konten kreator yang mengerjakan konten secara fleksibel, dan berbagai pekerjaan lainnya yang dapat dilakukan di mana saja dapat menjadi pekerjaan bagi seorang digital nomad.

Anda gemar dengan dunia musik? Kunjungi HarmoniHitz untuk mendapatkan update terbaru tentang dunia musik masa kini!

Tantangan dan Tips Menjadi Digital Nomad

Meskipun menjadi digital nomad terlihat menyenangkan, sebenarnya terdapat berbagai tantangan yang dihadapi ketika kita memilih untuk menjadi seorang digital nomad. Berbagai tantangan tersebut antara lain:
  • Penghasilan tidak tetap, tergantung dengan pekerjaan yang dipilih
  • Jam kerja yang fleksibel terkadang membuat kita sulit dalam mengatur produktivitas jam kerja
  • Berpindah-pindah tempat, membuat kita terkadang harus beradaptasi dengan suasana dan budaya baru sesuai dengan tempat tersebut
  • Seorang digital nomad sangat bergantung dengan internet, sehingga pekerjaan dapat terhambat ketika jaringan internet buruk
Menjadi seorang digital nomad memang memiliki tantangan tersendiri, apalagi bagi seorang pemula yang baru memulai profesi impian banyak orang ini. Berikut tips untuk sukses menjadi seorang digital nomad:
  • Menentukan alasan dan tujuan kita menjadi seorang digital nomad
  • Memilih pekerjaan sesuai dengan minat dan bidang yang kita kuasai
  • Memanfaatkan sarana dan perangkat digital semaksimal mungkin
  • Mengumpulkan portofolio
  • Mulai mencari pekerjaan atau membangun usaha yang bersifat freelance atau bersistem remote
  • Membuat rencana hidup atau to do list
  • Memanajemen waktu dengan baik
Cukup banyak tantangan untuk menjadi orang yang sukses dalam menjadi seorang digital nomad. Meskipun begitu, menjadi seorang digital nomad tetap menjadi impian banyak orang terutama para generasi millennials, karena kita dapat mengatur pekerjaan kita sesuai dengan hati dan minat kita. Jadi, apakah sobat berminat untuk menjadi seorang digital nomad? Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Tata Tertib Berkomentar :
1.) Berkomentarlah dengan sopan sesuai dengan topik artikel.
2.) Jangan sertakan link aktif dalam komentar, karena saya pasti akan mengunjungi balik blog sobat.
3.) Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, bagikan artikel ini ke teman-teman sobat melalui Facebook, Google+, Twitter dan lain lain, karena "berbagi itu indah" hehehe.

Terima kasih sudah berkunjung.