Kamis, 21 April 2022

Candi Joglo Semar, Merasakan Nuansa Keindahan Pulau Bali di Tanah Jawa

Candi Joglo Semar Purwodadi Grobogan
Candi Joglo Semar
    Untuk merasakan nuansa keindahan Bali sekarang tak perlu lagi pergi jauh! Cukup dengan ke Candi Candi Joglo Semar yang terletak di Kabupaten Grobogan, anda dapat merasakan suasana pulau Bali yang disajikan dengan penggabungan budaya Jawa. Destinasi wisata seni dan budaya ini terletak di Kabupaten Grobogan yang berada di Dukuh Sukoharjo, Krangganharjo, Kecamatan Toroh atau sebelah selatan Simpang Lima Purwodadi.

    Candi Joglo Semar merupakan candi berkarakteristik budaya Bali namun dipadukan dengan budaya Jawa, sehingga destinasi wisata ini memiliki karakter yang cukup unik. Kisah dibangunnya Candi Joglo Semar Grobogan ini dilatar belakangi oleh Kabupaten Grobogan yang sebenarnya pelopor munculnya kerajaan-kerajaan di Tanah Jawa, luar pulau Jawa, hingga ke luar nusantara. Hal ini dibuktikan dengan Kerajaan Medangkamolan yang letaknya berada di Kabupaten Grobogan, yang menunjukan bahwa Bumi Grobogan pernah memiliki peradaban maju.

    Candi Joglo Semar Grobogan merupakan manifestasi sebuah ruang bangun asli tanah Jawa. Empat saka guru yang merupakan penopang utama, genting dari tanah liat sebagai simbol sifat manusia yang lembah manah. Hal tersebut bermakna tanah yang diinjak, dibuangi kotoran, dikencingi, namun tetap memberi kehidupan pada manusia. Bahkan saat berada di atas, rela kehujanan dan kepanasan demi melindungi para penghuni di dalamnya.

    Sebelum memasuki gapura, pengunjung juga dapat menambah pengetahuan tentang sejarah pulau Jawa terutama Kerajan Medang Kamulan. Sementara di dalam joglo, terdapat banyak benda-benda sejarah yang masih tersimpan seperti lingga, keris dan lesung yang menjadi peninggalan masa Kerajaan Medang Kamulan, prasasti linggayoni hingga patung leak. 

    Kompleks Candi Joglo Semar ini dibagi menjadi dua. Pertama, kawasan Candi Joglo Semar, dimana bagian joglo ini dari dulu sampai sekarang masih sering dipakai untuk semedi atau bermeditasi. Lalu dibagian kedua ada kawasan Candi Karsa. Bagian ini merupakan perluasan area objek wisata dan lebih luas dari yang pertama. Pada saat golden hour, seluruh bangunan di Candi Karsa diselimuti cahaya keemasan yang lembut. Area persawahan yang berada di sampingnya juga membuat suasana yang sejuk dan adem. 
Candi Joglo Semar Purwodadi Grobogan
Penampilan Tari Tradisional
    Para pengunjung dapat berfoto ria, serta mempelajari seni dan budaya dari Bali dan juga Jawa. Selain itu menurut Pak Muhadi, selaku pemilik Candi Joglo Semar, keunikan lain dari tempat wisata ini yaitu adanya penampilan tarian bali diantaranya Tari Barong, Tari Pendet, Tari Kecak, dan Sendrataru Ramayana. Tak berhenti disitu, tarian Bali tersebut juga dipadukan dengan tarian Jawa dimana tarian Bali digunakan sebagai tari sambutan, sedangkan tari wayang Jawa sebagai hiburannya. Saat pertunjukan tari berlangsung, para pengunjung juga dapat menari bersama para penari di pelataran bawah. Hal tersebut bertujuan agar para wisatawan dapat benar-benar merasakan suasana seperti sedang di Pulau Bali. 

    Untuk masuk ke Candi Joglo Semar terdapat tiket masuk seharga Rp15.000,00 per orang. Tarif ini sudah termasuk biaya sewa kain poleng atau kain bermotif kotak-kotak hitam putih yang dipakai di pinggang sebelum masuk ke Candi. Selain itu, pengunjung pria akan memakai ikat khas Bali, dan pengunjung wanita akan memakai ikat kepala bunga. Aksesnya juga sangat mudah karena terletak di arah Jalan Purwodadi-Solo, setelah itu masuk gang perumahan warga sekitar 10 meter. Jadi bagaimana? Berminat untuk berkunjung ke Candi Joglo Semar?

Untuk menonton keindahan dan keseruan di Candi Joglo Semar, anda dapat berkunjung di tautan TikTok berikut: 
@yanuar.aldi Untuk merasakan nuansa keindahan Bali, sekarang kita tak perlu lagi pergi jauh, loh! Cukup dengan pergi ke Candi Joglo Semar yang terletak di Kabupaten Grobogan, kita dapat merasakan suasana pulau Bali yang disajikan dengan penggabungan budaya Jawa. Wah menarik sekali bukan? Yuk, berkunjung ke Candi Joglo Semar Grobogan! #wisata #candi #jawa #bali #joglo #budaya #seni #explore #travel ♬ suara asli - urfavclown

0 comments:

Posting Komentar

Tata Tertib Berkomentar :
1.) Berkomentarlah dengan sopan sesuai dengan topik artikel.
2.) Jangan sertakan link aktif dalam komentar, karena saya pasti akan mengunjungi balik blog sobat.
3.) Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, bagikan artikel ini ke teman-teman sobat melalui Facebook, Google+, Twitter dan lain lain, karena "berbagi itu indah" hehehe.

Terima kasih sudah berkunjung.