Kamis, 15 Maret 2018

Cara Bermain Game GBA dengan Mudah di Android

Cara bermain game GBA di Android sangat beragam. GBA merupakan Game Boy Advance yaitu permainan konsol genggam dari perusahaan Nintendo yang populer pada jamannya. Sebagian besar generasi 90-an pasti mengenal jenis permainan ini karena banyak digemari dan sangat mengasyikkan. Jenis permainan GBA sangat beragam seperti Dragon Ball, Super Mario, Pokemon, Harvest Moon dan lain-lain. Game ini juga menjadi inspirasi produsen game konsol lainnya pada saat itu. Namun perusahaan ini berhenti produksi sejak tahun 2008.

Cara Bermain Game GBA di Android
Saat ini Sobat tidak perlu bingung untuk memainkan permainan ini. Lalu bagaimana caranya? Cara bermain game GBA di Android akan Sobat ketahui pada ulasan berikut. Sebetulnya Sobat hanya memerlukan suatu emulator untuk memainkan game ini pada ponsel Android. Berbagai jenis emulator GBA akan disajikan pada artikel berikut.

Cara Bermain Game GBA di Android :

1. Menggunakan John GBA Lite - GBA Emulator

Emulator John GBA Lite ini dapat diinstal pada perangkat Android Sobat untuk memainkan GBA. Emulator tersebut dapat diunduh dan instal secara gratis di Google Play Store. Apabila Sobat menginginkan versi premium (full) maka tersedia juga versi berbayarnya. Untuk sekedar merasakan dan bernostalgia, emulator versi gratisnyapun dinilai sudah cukup untuk dimiliki.

2. Menggunakan MyGBA - Gameboid Emulator

Salah satu emulator terbaik GBA yaitu MyGBA dapat Sobat instal dan gunakan untuk memainkan game tersebut pada perangkat Android. Emulator ini juga cukup populer digunakan para pemakai Android seluruh dunia. MyGBA juga bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar, tergantung keinginan Sobat.

3. Menggunakan MyBoy - GBA Emulator

Cara bermain game GBA di Android selanjutnya yaitu dengan menggunakan Emulator MyBoy. Emulator MyBoy tersedia gratis dengan berbagai fitur yang banyak dan beragam. Sobat dapat mengunduh pada situs web dengan mudah. Emulator ini sangat mudah digunakan dan direkomendasikan. Jika Sobat menginginkan fitur-fitur yang lebih baik dan keren, maka dapat Sobat unduh versi berbayarnya.
MyBoy - GBA Emulator
Emulator MyBoy ini juga dinilai paling populer dibanding dengan emulator yang lain. Pada emulator ini Sobat juga dapat melakukan setting untuk controler, cheat maupun visual dan lain sebagainya sesuai keinginan Sobat.

Berikut langkah-langkah bermain game GBA menggunakan MyBoy GBA Emulator.
  • Download MyBoy GBA Emulator pada Google Play Store
  • Ekstrak dahulu file gamenya apabila masih berbentuk .zip atau .rar
  • Apabila sudah diekstrak, lanjut membuka aplikasi MyBoy, cari lokasi penyimpanan dimana file diekstrak sebelumnya
  • Selanjutnya pilih game apa yang akan dibuka dan game siap dimainkan

4. Menggunakan GBA.emu

GBA.emu mempunyai fitur untuk mengatur tingkatan getaran dan tambahan filter video. Emulator ini juga mendukung untuk koneksi bluetooth ataupun USB. Emulator ini dapat secara langsung diunduh pada ponsel Android Sobat. Ada yang gratis ada juga yang berbayar. Tergantung pilihan Sobat. Tentunya akan lebih bagus dan lengkap apabila menggunakan versi berbayarnya.

5. Menggunakan GBA Emulator

GBA Emulator dapat membantu Sobat memainkan game pada ponsel Android. Emulator ini juga mempunyai fitur menyimpan otomatis (autosaved). Dimana suatu game dapat langsung tersimpan ketika Sobat exit game. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis.

Cara instal dan penggunaan dari berbagai emulator yang telah disebutkan tadi umumnya sama. Hanya terdapat fitur-fitur tambahan tertentu yang menjadi ciri khas masing-masing emulator tadi. Soal penggunaan disesuaikan pada selera masing-masing.

Sekian beberapa cara bermain game GBA di Android yang kami sajikan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka Sobat dapat bernostalgia dengan permainan jaman kecil Sobat dengan perangkat Android. Jadi sangat mudah dan modern bukan? Semoga artikel ini informatif daan bermanfaat bagi Sobat. Selamat mencoba.

1 comments:

Tata Tertib Berkomentar :
1.) Berkomentarlah dengan sopan sesuai dengan topik artikel.
2.) Jangan sertakan link aktif dalam komentar, karena saya pasti akan mengunjungi balik blog sobat.
3.) Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, bagikan artikel ini ke teman-teman sobat melalui Facebook, Google+, Twitter dan lain lain, karena "berbagi itu indah" hehehe.

Terima kasih sudah berkunjung.