Selasa, 27 Juni 2017

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Bermain Fidget Spinner

aldi.web.id - Pernahkah sobat melihat sebuah benda kecil yang dimainkan dengan cara ditaruh dijari lalu diputar putar? Benda tersebut memiliki nama fidget spinner. Mainan yang memiliki bentuk seperti shuriken ini sedang sangat populer di kalangan remaja masa kini. Sebagian orang mengatakan bahwa benda tersebut memiliki fungsi sebagai alat terapi kesehatan penghilang setres, benarkah? Jika kemarin kita sudah membahas Cara Bermain Virtual Fidget Spinner di Google. Sekarang kita akan membahas Pengertian, Fungsi, dan Jenis Fidget Spinner serta Cara Bermainnya.

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Fidget Spinner

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Fidget Spinner

Pengertian

Apa itu Fidget Spinner? Fidget Spinner adalah sebuah benda yang dimainkan di jari tangan dengan cara diputar. Fidget Spinner pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger pada tahun 1996. Kala itu alat tersebut ia memberi nama Spinning De-stressor Finger Toy, dan terdaftar namanya dalam hak paten hingga tahun 2005 saja, selanjutnya ia pun tidak melanjutkan masa pendaftarannya hak patennya. Catherine A Hettinger sendiri berharap dengan mainan ini bisa mengurangi kebiasaan buruk seseorang seperti mengigit kuku atau menghilangkan rasa bosan ketika sedang tidak ada kerjaan.

Fungsi

Fidget dalam bahasa Indonesia sendiri berarti gelisah atau cemas, sedangkan spinner bermakna pemutar. Secara harfiah, nama mainan ini berarti sebuah alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa bosan. Dari nama tersebut, kita sudah tau kegunaan dari fidget spinner ini. Selain itu mainan ini juga memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, meningkatkan fokus, mengurangi setres, dan masih banyak lagi.

Jenis

Fidget spinner memiliki beraneka ragam jenis dan bentuk. Untuk versi standartnya fidget spinner memiliki model yang terdiri dari 1 buah bearing untuk berputar dan 3 bearing sebagai penyeimbang. Ada versi yang terdiri dari 3 buah bearing saja. Ada yang memiliki model superhero seperti batman, captain america, dan lain lain. Ada yang memiliki banyak warna (warna warni). Ada yang bisa mengeluarkan warna saat gelap, dan masih banyak lagi. Saking banyaknya jenis dari fidget spinner, sampai sampai ada nama tersendiri untuk jenis tertentu seperti fidget spinner glow in the dark, fidget spinner shuriken, fidget spinner rainbow, dan masih banyak lagi.
Ada juga beberapa jenis fidget spinner yang ada di Indonesia. Bagaimana jika kita bahas satu per satu? Berikut jenis-jenis fidget spinner yang ada di Indonesia :

EWR Spinner Fidget Toy

EWR Spinner Fidget Toy
Sumber Gambar : all3dp.com
EWR Spinner Fidget Toy adalah model fidget spinner Indonesia paling klasik, lah baru muncul aja udah ada yang klasiknya. Hehe Terdiri dari 1 buah bearing untuk berputar dan 3 bearing lagi sebagai penyeimbang. Jenis spinner ini juga spinner paling standar.

Axle by Destroyer Brands

Axle by Destroyer Brands
Sumber Gambar : all3dp.com
Axle by Destroyer Brands adalah modifikasi dari EWR Spinner, bentuknya terlihat lebih sangar. Ditambah bentuk gerigi ditiap sisinya membuat Axle lebih keren dibanding spinner EWR.

VICTOREM Metal Hand Spinner

VICTOREM Metal Hand Spinner
Sumber Gambar : all3dp.com
Jika sobat memiliki selera yang elegan, model ini cocok buat sobat. VICTOREM Metal Hand Spinner memiliki bentuk yang elegan sekaligus dinamis.

Sayha Hand Spinners

Sayha Hand Spinners
Sumber Gambar : all3dp.com
Sayha Hand Spinners adalah versi 3 bearing dari EWR spinner. Meskipun terlihat lebih kecil dari EWR tapi Sayha mampu menyimpan 600 bola bearing . Jadi sedikit dorongan bakal bikin spinner berputar lebih lama. Keren!

Dual Wave Spinner

Dual Wave Spinner
Sumber Gambar : all3dp.com
Dual Wave Spinner ini adalah spinner yang bergelombang. Ketika diputar maka aka membuat pola yang unik.

Batman Hand Spinner

Batman Hand Spinner
Sumber Gambar : all3dp.com
Batman Hand Spinner ini bisa bisa dibilang fidget spinnernya batman kalo lagi bosen, hehe. Batman Hand Spinner memiliki bentuk seperti kelelawar atau logo batman.

The Newton

The Newton
Sumber Gambar : all3dp.com
The Newton Spinner ini memiliki bentuk yang sangat dinamis. Spinner ini punya tingkat kestabilan yang tinggi, hal ini dikarenakan dari bentuknya yang tidak simetris. The Newton tidak akan berhenti berputar meskipun terkena goncangan halus. Banyak yang bilang jika spinner ini adalah fidget spinner terbaik.
Sumber : https://dagelan.co/7-jenis-fidget-spinner-indonesia-yang-musti-lu-tau-kayaknya-lu-kudu-punya-juga
Nah itu dia beberapa jenis fidget spinner yang ada di Indonesia. Sebenarnya, masih banyak lagi jenis jenis fidget spinner yang ada di Indonesia. Namun jika kita bahas dari sabang sampai merauke, sepertinya terlalu panjang ya. Hehe.

Cara Bermain Fidget Spinner

Cara memainkan fidget spinner adalah sesuatu yang sangat sederhana. Sobat hanya cukup memegang bagian tengah (yang mirip seperti roda) dengan dua jari (jari telunjuk dan ibu jari), kemudian putar menggunakan jari tengah. Ada juga trik-trik untuk bermain Fidget Spinner ini.

5 Trik Mudah Bermain Fidget Spinner untuk Pemula

Sobat juga bisa memainkan game fidget spinner melalui smartphone sobat dengan mendownloadnya di Play Store atau iStore. Atau mungkin sobat juga bisa memainkannya secara online di Google, baca : Cara Bermain Fidget Spinner di Google.

Harga Fidget Spinner

Untuk harga dari fidget spinner ini bervariasi tergantung dari jenis dan bentuk fidget spinner tersebut. Harganya mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu. Bahkan ada fidget spinner yang harganya jutaan sehingga menjadi fidget spinner termahal didunia. Wow!

Sekian dulu artikel saya kali ini yang membahas Pengertian, Fungsi, Jenis Fidget Spinner dan juga Cara Bermainnya. Semoga Bermanfaat.

9 comments:

  1. Jenis spinner standar saja saya belum bisa memainkannya. apalagi yang aneh-aneh semisal yang berbentuk batman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, gampang kok gan.. cukup puter" aja.. tapi jangan orangnya yang muter.. hahaha.. :D

      Hapus
  2. aku punya banyak ini, satu kantung tas kresek
    hasil rampasan perang punya anak2 di kelas -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, berarti halal nggak nih? hehehe...

      Hapus
  3. La ini ni... Game yang paling buming di masa kini.. mantapp sob aldi :D

    BalasHapus
  4. itu fidget spinernya harganya berapa an gan?
    penasaran sih fidget spinner itu kyk apa, kok tiba2 booming.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya bervariasi sob, ada yang puluhan ribu hingga ada pula yang jutaan..

      Hapus

Tata Tertib Berkomentar :
1.) Berkomentarlah dengan sopan sesuai dengan topik artikel.
2.) Jangan sertakan link aktif dalam komentar, karena saya pasti akan mengunjungi balik blog sobat.
3.) Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, bagikan artikel ini ke teman-teman sobat melalui Facebook, Google+, Twitter dan lain lain, karena "berbagi itu indah" hehehe.

Terima kasih sudah berkunjung.