Kamis, 11 November 2021

UTS DPM: Membuat Straight News

 UTS Dasar Penulisan Multimedia

Nama: Yanuar Aldi Allesandro
NPM: 210104210043
Kelas: A
Semester: 1
Mata Kuliah: Dasar Penulisan Multimedia

Straight News

Kerangka Berita

  • What: Pemuda tewas tenggelam usai selamatkan kambing yang tercebur di waduk
  • When: 11 November 2021
  • Where: Waduk Nglangon, Kec. Kradenan, Kab. Grobogan
  • Who: Pemuda bernama Hartono
  • Why: Pemuda tersebut meninggal karena tenggelam, akibat menyelamatkan kambing yang tercebur di waduk.
  • How: Berdasarkan keterangan warga, korban sedang minum kopi bersama temannya di salah satu warung di dekat waduk sekitar pukul 14.30. Setelah itu, ia melihat kambing jatuh dari rakit seorang petani dan tenggelam, sehingga korban tersebut berusaha menyelamatkannnya. Lalu, korban berhasil membawa kambing ke atas rakit, namun sayangnya ketika berusaha berenang ke tepi, korban tenggelam diduga akibat kelelahan.

Tulisan

Berusaha Selamatkan Kambing di Waduk, Pemuda Grobogan Tewas Tenggelam
Berusaha Selamatkan Kambing di Waduk, Pemuda Grobogan Tewas Tenggelam
Pemuda Tewas Tenggelam Akibat Selamatkan Kambing di Waduk
Seorang pemuda asal Grobogan, Jawa Tengah, meninggal karena tenggelam di Waduk Nglangon, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Kamis (11/11/2021), usai menyelamatkan seekor kambing. Korban tersebut adalah seorang pemuda bernama Hartono (21), warga Desa Crewek, Kecamatan Kradenan.

Kepala BPBD Grobogan, Endang Sulistyoningsih mengungkapkan bahwa sekitar pukul 14.30 WIB, korban sedang ngopi bersama teman-temannya di warung dekat Waduk Nglangon. Pada saat bersamaan, ada seorang penggembala yang sedang menaikkan beberapa ekor kambing untuk digembalakan di pulau kecil yang ada di tengah waduk.

Dalam perjalanan menuju tempat penggembalaan, ada seekor kambing yang melompat dari rakit dan tercebur ke dalam waduk. Melihat peristiwa tersebut, sontak korban berlari dan menceburkan diri ke waduk guna menyelamatkan kambing tersebut.

Upaya penyelamatan tersebut berhasil dilakukan, dan kambing yang tercebur berhasil diangkat kembali ke dalam rakit. Setelah menyelamatkan kambing, korban segera berenang kembali ke pinggir. Namun, sebelum sampai ke pinggir waduk, korban terlihat tidak kuat dan akhirnya tenggelam.

Setelah mendapat laporan dari masyarakat sekitar, pihak BPBD kemudian memberangkatkan tim Search And Rescue (SAR) untuk melakukan pencarian korban. Selain dari BPBD, pencarian korban tenggelam juga didukung personel dari TNI, Polri, relawan, PMI, serta masyarakat.

“Setelah kita lakukan pencarian bersama, korban akhirnya berhasil ditemukan sekitar pukul 17.00 WIB. Setelah dievakuasi, korban kemudian kita bawa ke rumah duka untuk dilakukan pemeriksaan oleh pihak kepolisian. Dari hasil pemeriksaan, tidak ada unsur kekerasan dan korban murni meninggal dunia karena tenggelam,” pungkas Endang.

Sumber

- Kepala BPBD Kabupaten Grobogan, Endang Sulistyaningsih
- Instagram @infogrobogan.id (https://www.instagram.com/p/CWIpcgBJ_of/)
- Instagram @grobogantoday (https://www.instagram.com/p/CWI1_BQhCRi/)

0 comments:

Posting Komentar

Tata Tertib Berkomentar :
1.) Berkomentarlah dengan sopan sesuai dengan topik artikel.
2.) Jangan sertakan link aktif dalam komentar, karena saya pasti akan mengunjungi balik blog sobat.
3.) Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, bagikan artikel ini ke teman-teman sobat melalui Facebook, Google+, Twitter dan lain lain, karena "berbagi itu indah" hehehe.

Terima kasih sudah berkunjung.