Sabtu, 24 Juni 2017

Cara Memasang Widget Recent Post Sederhana di Blog

Widget Recent Post berfungsi untuk menampilkan postingan terbaru (new post) dari blog kita. Jadi dengan widget ini pengunjung menjadi lebih mudah untuk mengetahui artikel terbaru blog sobat, tanpa harus mengunjungi homepage blog sobat.

Widget Recent Post untuk Blogger
Banyak varian dari widget recent post ini di internet. Mulai dari yang sederhana atau hanya menampilkan judul postingan saja, ada yang sekaligus menampilkan gambar (thumbnail) postingan, dan masih banyak lagi. Namun, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan widget recent post tanpa gambar/tumbhnail dan hanya menampilkan judul postingan saja sehingga terlihat lebih simple atau sederhana dan tentunya fast loading. Silahkan disimak tutorialnya.

Cara Memasang Widget Recent Post di Blogger

  1. Masuk ke dasbor blogger
  2. Pilih menu tata letak, lalu klik tambahkan gadget pada tempat widget ini akan dipasang
  3. Pilih HTML/Javascript
  4. Pilih HTML/Javascript
  5. Masukkan kode dibawah ini
  6. <ul id="recent-posts"></ul>
    <script>
    //<![CDATA[
    var homePage = "http://www.aldi.web.id/",
    numPosts = 10;
    function recentPosts(a){if(document.getElementById("recent-posts")){var e=a.feed.entry,title,link,content="",ct=document.getElementById("recent-posts");for(var i=0;i<numPosts;i++){for(var j=0;j<numPosts;j++){if(e[i].link[j].rel=="alternate"){link=e[i].link[j].href;break}}var title=e[i].title.$t;content+='<li class="recent-posts"><strong><a href="'+link+'" title="'+title+'" target="_blank">'+title+'</a></strong></li>'}ct.innerHTML=content}}var rcp=document.createElement('script');rcp.src=homePage+'/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&orderby=published&max-results='+numPosts+'&callback=recentPosts';document.getElementsByTagName('head')[0].appendChild(rcp);
    //]]>
    </script>
    Keterangan :
    - Ganti link berwarna merah dengan link blog sobat.
    - Angka berwarna hijau adalah jumlah post terbaru yang akan tampil pada widget ini.
  7. Klik simpan
Selesai. Bagimana? Mudah bukan? Kelebihan dari widget ini selain terlihat simple, tentu widget ini fast loading karena hanya memuat judul postingan terbaru saja tanpa gambar atau thumbnail.
Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. koq gak work ya pada blog saya gan, seblomnya dah pernah pakai recent post digabung sama recent comment dengan view tab tapi beberapa bulan kemarin tidak bekerja apa yg salah ya gan ??? boleh di cek pada http://laoet-63.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cek sepertinya sudah kembali normal ya gan?

      Hapus

Tata Tertib Berkomentar :
1.) Berkomentarlah dengan sopan sesuai dengan topik artikel.
2.) Jangan sertakan link aktif dalam komentar, karena saya pasti akan mengunjungi balik blog sobat.
3.) Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, bagikan artikel ini ke teman-teman sobat melalui Facebook, Google+, Twitter dan lain lain, karena "berbagi itu indah" hehehe.

Terima kasih sudah berkunjung.