Sabtu, 23 September 2017

Berbagai Tips Android Agar Tidak Lemot dan Lancar

Tips agar Android tidak lemot perlu Sobat tahu supaya smartphone kesayangan sobat tidak mengalami kejadian ini. Android memang terkenal sebagai sistem smartphone yang cepat dan mendapat hati dimasyarakat. Sistem ini membuat ponsel semakin canggih dan sangat menunjang kebutuhan. Namun tak jarang ponsel Android mengalami lemot ketika dioperasikan. Hal ini tentu membuat Sobat sering kesal bukan?

Tips Android Agar Tidak Lemot dan Lancar
Apabila terjadi lemot, kondisi ini sangat membuat aktifitas Sobat di smartphone menjadi terganggu. Bagaimana tidak? Kegiatan masyarakat sekarang sangat bergantung pada platform ini. Banyak sebab yang membuat android menjadi lamban dalam prosesnya. Sobat tidak perlu khawatir aktifitas smartphone sobat akan terganggu. Karena dengan mengikuti berbagai cara agar android tidak lemot yang telah saya rangkum ini, handphone sobat akan bisa berjalan lebih lancar. Yuk disimak.

Tips dan Cara Agar Android Tidak Lemot :

1.  Mengurangi Penggunaan Widget

Kurangi penggunaan Widget pada layar utama. Dengan adanya tampilan Widget memang membuat menarik dan keren pada tampilan layar utama Anda. Tapi hal ini akan menyebabkan smartphone Anda menjadi lemot karena menyita RAM yang besar. Jadi tampilkan Widget seperlunya saja.
Kurangi Penggunaan Widget Tidak Penting

2. Membuang Aplikasi yang Tidak Terpakai

Sangat menyenangkan apabila dapat mencoba aplikasi-aplikasi yang tersedia di Google Playstore. Tak jarang kita mengunduh tanpa memperhatikan kegunaannya. Sehingga ruang penyimpanan menjadi tersita banyak dengan adanya aplikasi yang tak berguna ini. Jadi hapuslah aplikasi yang sekiranya tidak penting untuk Anda gunakan.

Untuk beberapa aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus juga akan memakan konsumsi RAM ponsel Anda. Sehingga ponsel menjadi lambat dijalankan. Cara menghentikannya dapat dilakukan dengan masuk ke menu Setting – Apps, kemudian pada tab Running pilih aplikasi yang tidak dibutuhkan, pilih Disable.

3. Membersihkan Cache Data

Tempat penyimpanan data sementara aplikasi yang sedang atau pernah digunakan (cache) jika dibiarkan menumpuk menyebabkan ponsel Anda lemot. Cara untuk membersihkannya yaitu pilih menu Setting – Apps – All, kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan cachenya, pilih Clear Cache. Cara lain yaitu dengan pilih menu Setting – Storage – Cached Data, pilih OK ketika ada pop up.

4. Menggunakan Satu Antivirus

Tips Android agar tidak lemot yang ketiga yaitu gunakan satu aplikasi antivirus saja. Aplikasi ini biasanya memantau sistem hingga bagian terdalam ponsel. Dengan Anda menggunakan banyak aplikasi sejenis ini, maka akan membuat boros kebutuhan RAMnya.

5. Mematikan Auto Syncronisasi

Fitur ini harus diaktifkan ketika Anda menginginkan tetap terhubung dengan semua akun yang telah terpasang di smartphone Android. Dengan mematikan fitur ini akan membantu ponsel Anda tidak lemot. Tetapi membuat Anda secara manual membuka aplikasi-aplikasi yang akan Anda jalankan.

6. Mengaktifkan Auto Kill

RAM akan semakin sempit ketika banyak aplikasi aktif pada Recent Apps. Hal ini akan menjadikan ponsel Anda lemot. Gunakanlah fitur Auto Kill agar aplikasi tidak berjalan di background dan Android tidak akan lemot lagi. Fitur ini bekerja otomatis pada background dan aman penggunaannya.

7. Menggunakan Aplikasi Berbayar

Sebagian besar aplikasi yang Anda unduh pasti merupakan aplikasi tidak berbayar. Dengan menggunakan aplikasi gratis menyebabkan banyak iklan (advertisement) memenuhi sistem Anda. Selain itu, ketika Anda menggunakan aplikasi berbayar, maka pengembang akan dapat banyak review dan mengetahui bugs yang menimpa aplikasinya. Hal ini tentu akan memakan banyak kebutuhan RAM ponsel.

Sekian penjelasan tentang berbagai tips agar Android tidak lemot. Selain itu sobat juga bisa membaca Tips Agar Android Tidak Boros Baterai. Dengan tips-tips menarik yang disajikan, semoga Sobat dapat lebih bijak menggunakan smartphone Anda. Selain itu dapat membuat kinerja Android lebih optimal dan tidak menimbulkan hambatan kerja. Selamat mencoba tips di atas.

4 comments:

  1. kalo lemot paling karena kebanyakan make aplikasi, tapi tips ini bagus juga mas aldi, bermanfaat nih buat yang pake android, yang pake ios gimana nih?

    BalasHapus
  2. mau coba auto kill ah,soalnya dari cara diatas ,cuman cara ini yg belum pernah saya lakuin mas

    BalasHapus
  3. mau coba auto kill ah,soalnya dari cara diatas ,cuman cara ini yg belum pernah saya lakuin mas

    BalasHapus

Tata Tertib Berkomentar :
1.) Berkomentarlah dengan sopan sesuai dengan topik artikel.
2.) Jangan sertakan link aktif dalam komentar, karena saya pasti akan mengunjungi balik blog sobat.
3.) Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, bagikan artikel ini ke teman-teman sobat melalui Facebook, Google+, Twitter dan lain lain, karena "berbagi itu indah" hehehe.

Terima kasih sudah berkunjung.