Senin, 28 Agustus 2017

Berbagai Tips Agar Android Tidak Boros Baterai

Bagi Sobat pengguna smartphone android pasti sering mengalami permasalahan baterai yang cepat habis. Maka dari itu tips agar android tidak boros baterai perlu Sobat simak ulasannya.  Selama terdapat paket data pada smartphone kita, secara otomatis pula jaringan internet akan selalu bekerja. Jadi tak heran jika baterai cepat habis walaupun kita tidak sedang menjalankannya.

Tips Agar Android Tidak Boros Baterai
Saat menggunakan smartphone, tanpa sadar kita sering menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Seperti searching, chat dan mendengarkan musik secara bersamaan. Hal ini tentu menyebabkan ponsel kita bekerja lebih berat. Layaknya manusia, jika melakukan pekerjaan multitasking, pasti lama kelamaan daya kita akan menurun. Jadi, untuk membuat smartphone Sobat bisa digunakan waktu lama, silahkan simak tips agar android tidak boros baterai yang telah saya rangkum berikut ini.

Beberapa Tips Agar Android Tidak Boros Baterai:

1. Mengelola Data Seluler, Wifi dan GPS dengan Baik

Tips agar android tidak boros baterai yang pertama yakni jangan menggunakan data seluler dan wifi secara bersamaan. Saat Anda berada pada tempat yang dipastikan ada wifi dan akan memakainya, ada baiknya Anda mematikan data selulernya. Sebaliknya, apabila Anda berada di wilayah yang tidak memungkinkan adanya wifi, sebaiknya matikan akses wifinya. Sehingga kerja ponsel Anda tidak ganda dan berat.

Begitu juga dengan pengaturan GPS. Jangan biarkan GPS Anda selalu aktif apalagi saat kondisi berjalan. Anda dapat memakainya ketika situasi yang penting saja. Karena sistem ini bekerja dengan satelit yang secara otomatis akan mengikuti setiap gerak yang Anda lakukan.

2. Mematikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Jika terdapat banyak aplikasi yang terpasang dan berjalan di background smartphone Anda, maka matikan yang tidak digunakan. Caranya dengan pilih bagian menu Setting – Apps – Running Service. Kemudian Anda dapat memilih aplikasi mana saja yang mengambil energi baterai namun tidak digunakan.

3. Mengatur Display Screen Timeout dan Brightness

Mengatur Display Screen Timeout dan Brightness
Jika Anda ingin memakai smartphone dalam waktu lama beberapa jam kedepan, maka aturlah waktu kunci yang lama, jangan terlalu singkat. Namun sebaliknya, jika kira-kira Anda ingin memakainya dalam waktu singkat, aturlah waktu kunci dengan timing yang singkat pula. Sehingga baterai dapat efisien penggunaannya. Demikian pula pada bagian pengaturan brightness. Aturlah tampilan kecerahan layar secara manual, jangan secara otomatis. Jadi penggunaan baterai akan lebih hemat dan efisien.

4. Membuang Widget pada Homescreen

Mungkin kebanyakan dari Anda tidak tahu jika terlalu banyak widget akan membuat baterai cepat habis. Tips agar android tidak boros baterai kali ini sangat mudah dilakukan. Caranya dengan tekan dan tahan bagian layar utama sekitar 2 detik. Lalu pilih dan seret pilihan aplikasi yang ingin Anda buang ke icon tong sampah.

5. Mengaktifkan Airplane Mode

Apabila Anda sedang berada di area yang lemah sinyal, sebaiknya aktifkan saja fitur Airplane Mode. Karena dengan mengaktifkan fitur ini membuat perangkat Anda tidak memaksakan diri mencari sinyal dan menyedot banyak energi baterai.

6. Menggunakan Aplikasi Hemat Baterai

Menggunakan Aplikasi Hemat Baterai
Tips agar android tidak boros baterai selanjutnya yaitu dengan menginstal Aplikasi hemat baterai. Memasang aplikasi ini disarankan agar penggunaan baterai menjadi tidak boros. Sebetulnya, semua aplikasi sejenis ini bukan berfungsi menghemat baterai. Tetapi memonitor dan memberikan saran dari penggunaan baterai smartphone Anda agar tahan lama. Contoh aplikasinya yaitu Easy Battery Saver.

7. Mengatur Sinkronasi

Pada perangkat Anda pasti terdapat banyak aplikasi yang terinstal, terutama untuk aplikasi chat. Seperti BBM, Whatsapp, Line, Skype, Facebook dan lain sebagainya. Apabila semua aplikasi ini diaktifkan, maka akan menyedot penggunaan baterai sangat cepat. Akan lebih baik jika Anda melakukan setting pada pilihan menu Account and Sync. Aturlah mana saja aplikasi yang memang aktif digunakan dan mana yang tidak perlu.

Selesai sudah ulasan mengenai tips agar android tidak boros baterai. Jadi sobat tak perlu khawatir lagi baterai smartphone android sobat akan cepat habis. Dengan tips-tips yang disajikan tadi, Sobat tentu akan dapat lebih lama menggunakan smartphone tanpa khawatir baterai cepat habis. Semoga artikel ini bermanfaat.

21 comments:

  1. Dari sekian banyak cara agar android tidak boros batrei, hanya disini yang paling makjleb, kenapa bisa begitu coba? Mau tahu kenapa? Jawabannya Teangan weh olangan... :D

    BalasHapus
  2. Langsung share saya mah artikelnya, sudah jadi kebiasaan sih, sulit ditinggalkan, keren kan sayah...

    BalasHapus
  3. kalau hanya dipakai untuk SMS an dijamin awet, akan tetapi jika quota internet full, maka akan cepat habis batu baterainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, data seluler juga merupakan salah satu faktornya mbak..

      Hapus
  4. yg saya lakukan biasanya cuman mengatur kecerahan seperti pada point 3 mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. tapi lebih efektif lagi jika poin yang lain juga dilakukan kang.. hehe..

      Hapus
  5. mantap, makasih gan gw jd tau yang bener itu gmn

    BalasHapus
  6. saya sangat setuju gan dengan artikel ini, hampir semua saya lakuin dan work, hemaaattt

    BalasHapus
  7. Saya suka yg mengatur screen brightness itu :v lebih mudah soalnya

    BalasHapus
  8. Bner gan ho ane boros bnget ntar ane coba dah tip nya

    BalasHapus
  9. gunakan seperlunya dan jangan terlalu lama main game online

    BalasHapus
  10. Terimakasih ya infonya mas, hp saya batre nya boros banget, bisa di coba ni tips nya, sekali lagi terimakasih ya infonya.

    BalasHapus
  11. Jg jarang diperhatikan aplikasi latar belakang lupa diclose ternyata mengurangi yah min.

    BalasHapus
  12. mantap gan penjelasannya gamblang

    BalasHapus
  13. Mantep ini bsa dicoba biar ga ngecas mulu

    BalasHapus
  14. Kalau ane cuman matiin konektivitas aja waktu gk makai ho

    BalasHapus
  15. Mantap gan,tipsnya.sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Ayo bergabung sekarang juga bersama kami di Fans^^betting ^_^

    BalasHapus

Tata Tertib Berkomentar :
1.) Berkomentarlah dengan sopan sesuai dengan topik artikel.
2.) Jangan sertakan link aktif dalam komentar, karena saya pasti akan mengunjungi balik blog sobat.
3.) Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, bagikan artikel ini ke teman-teman sobat melalui Facebook, Google+, Twitter dan lain lain, karena "berbagi itu indah" hehehe.

Terima kasih sudah berkunjung.