Senin, 24 April 2017

Cara Mengetahui Jenis GPU Semua Tipe HP Android

Masyarakat jaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan Smartphone/Handphone Android, bahkan anak-anak jaman sekarang rasanya hampa jika sehari tidak memegang smartphone. Jadi, HP android sudah seperti menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia jaman sekarang. Smartphone memiliki beberapa kompunen seperti CPU, GPU, RAM dan lain sebagainya.

Handphone Android
Sumber : android.com

Apa itu GPU?

Graphics Processing Unit (GPU) atau biasa disebut juga Visual Processing Unit (VPU) adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk mengolah grafis ketika membuka/menjalankan aplikasi. GPU sebenarnya hampir sama dengan CPU (Central Processing Unit), namun bedanya GPU memiliki ribuan cores. Jadi, GPU ini sangat penting untuk kinerja Smartphone Android terutama dalam menjalankan Game/Aplikasi yang memiliki tingkat grafis yang tinggi. Ada beberapa jenis GPU Smartphone, seperti Adreno, Mali, PowerVR, Tegra, VideoCore Broadcome dan lain sebagainya. Untuk GPU Android Terbaik saat ini adalah Qualcomm Adreno 530.
GPU Qualcomm Adreno
Dalam mendownload Aplikasi/Game terkadang kita dihadapkan dengan pilihan beberapa GPU. Jika sobat asal download Game di internet tanpa memperhatikan jenis GPU Smartphone, bisa jadi saat sobat menjalankan game tersebut yang muncul hanyalah layar hitam (blank) dan suara dari game tersebut jika ternyata data game tersebut tidak cocok dengan GPU android sobat. Jadi, daripada sobat membuang waktu dan kuota akibat dari salah download game, lebih baik kita mengetahui jenis GPU Smartphone kita terlebih dahulu.

Nah, pada kesempatan kali ini. Saya akan membagikan Tutorial Cara Mengetahui Jenis GPU Handphone milik sobat supaya tidak salah arah dalam mendownload aplikasi/game di internet. Yuk, silahkan disimak tutorialnya..

Cara Mengetahui Jenis GPU Semua Tipe HP Android

Sebelumnya, siapkan dulu alat-alatnya. Yaitu :
  • Handphone Android (Wajib)
  • Kuota Internet
  • Jika sudah punya kuota internet, silahkan download aplikasi CPU-Z di Play Store atau langsung dari situs resminya CPUID lalu instal.
Jika semua sudah siap, yuk kita menuju ke tutorialnya.

1. Buka Aplikasi CPU-Z

Setelah sobat mendownload aplikasi CPU-Z dan menginstalnya, silahkan buka aplikasi tersebut. Dengan aplikasi CPU-Z ini sobat akan menemukan detail spesifikasi android milik sobat.

2. Lihat Pada Menu SOC

Lalu untuk mengetahui jenis GPU milik sobat, silahkan menuju ke halaman/menu SOC. Nah, dimenu ini sobat dapat mengetahui jenis GPU yang tertanam di handphone android milik sobat.
Cara Mengetahui Jenis GPU Semua Tipe HP Android
Di Handphone milik saya tertanam GPU Adreno 306. Bagaimana dengan Handphone milik sobat? Atau mungkin Handphone milik sobat tertanam GPU Android Terbaik saat ini? Jadi, silahkan mencoba dan mari berbagi jenis GPU milik sobat dikomentar.

Sekian dulu tutorial dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi kalian.

16 comments:

  1. makasih infonya min sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. aplikasi dari artikel bermanfaat thanks infonya gan

    BalasHapus
  3. Pake infophone juga bisa mas, tapi ini lebih lengkap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, banyak aplikasi yang lain juga.. tapi cpu-z the best.. hehe

      Hapus
  4. Mudah ya caranya...gak perlu pakai aplikasi

    BalasHapus
  5. mntap gan thanks infonga ijin coba...

    BalasHapus
  6. Makasih infonya gan, lanjutkan nulis artikel bermanfaat lainnya.

    BalasHapus
  7. Mantab sekali infonya sangat bermanfaat dan mudah dipahami. thanks gan

    BalasHapus
  8. selain pake CPU Z ada lg gak gan yg tanpa applikasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga gan, Bisa dengan men-cari spesifikasi LENGKAP Handphone sobat di Google.com

      Hapus

Tata Tertib Berkomentar :
1.) Berkomentarlah dengan sopan sesuai dengan topik artikel.
2.) Jangan sertakan link aktif dalam komentar, karena saya pasti akan mengunjungi balik blog sobat.
3.) Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, bagikan artikel ini ke teman-teman sobat melalui Facebook, Google+, Twitter dan lain lain, karena "berbagi itu indah" hehehe.

Terima kasih sudah berkunjung.